Cara Backup Data Website WordPress Ekspor dan Import

oleh | Agu 21, 2021 | Tutorial Wordpress | 0 Komentar

5/5 - (6 votes)

Hallo sahabat JWB Solution Kali ini saya akan menshare ilmu atau tutorial bagaimana cara backup data website wordpress dan berikut ini langkah untuk melakukan Backup Konten atau Data di website WordPress anda terdapat beberapa metode cara untuk melakukannya. Untuk itu silahkan simak diabawah ini untuk langkah – langkahnya.

Untuk melakukan pencadangan data di website atau membackup tentunya bagi pemilik website harus perlu diperhatikan dan harus paham bagaimana cara melakukan pembackupanya websitenya, hal ini bertujuan untuk salah satu pengamanan data pada website anda bilamana suatu saat website anda hilang atau di retas oleh hacker, selain itu juga jika anda ingin melakukan migrasi website dari hosting A ke Hosting B tentunya anda juga diaharuskan untuk meng ekspor dan import konten atau data di website anda. Untuk itu ayok kita pelajari semuanya di artikel ini.

Tahapan Cara Backup Data Website WordPress

Untuk melakukan Backup data Website disini yang harus anda lakukan ada beberapa metode untuk melakukannya, silahkan anda pilih salah satu metode dibawah ini untuk melakukan pengamanan data di website anda.

Metode ke 1: Backup Data Website WordPress Tanpa Menggunakan Plugin

  • Masuk ke Dasbor di website anda masing – masing
  • Pergi ke Bagian Peralatan atau Tools
cara backup data website wordpress
  • Selanjutnya klik pada bagian Ekspor yaitu untuk mendownload data atau konten di website anda seperti Postingan, Halaman, Produk, dan lainnya
cara backup wordpress tanpa cpanel
  • Selanjutnya pada bagian Ekspor silahkan anda pilih salah satu jenis postingan atau konten yang ingin anda download atau juga anda bisa mendownload semua jenis postingan
cara backup postingan wordpress
  • Lalu jika sudah anda tentukan salah satu diantaranya seperti gambar diatas silahkan anda tinggal klik Unduh Berkas Ekspor
backup wordpress website and database

Nah itulah Metode ke 1 yang bisa anda lakukan untuk membackup data website anda tanpa menggunakan Plugin atau dengan Fitur yang disediakan oleh WordPressnya. Namun kekurangan anda melakukan Ekspor data website anda menggunakan metode ini yaitu biasanya konten seperti Gambar atau media lainnya itu biasanya tidak dapat di Ekspor sepenuhnya. Silahkan baca juga tahapan atau metode ke 2 untuk melakukan Eksport data web anda menggunakan Plugin diabawah ini.

Metode ke 2: Backup Data Website WordPress Menggunakan Plugin

Untuk melakukan metode ke 2 ini disini saya akan memberikan salah satu contoh plugin yang digunakan untuk melakukan backup data atau konten anda di WordPress yaitu menggunakan plugin yang bernama All-in-One WP Migration untuk caranya silahkan simak dibawah ini.

  • Silahkan anda masuk ke bagian Plugin seperti biasa di Dasbor wordpress anda dan tambahkan plugin dengan mengetikan “All-in-One WP Migration” pada pencarian di Plugin
Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengetahui Template Website Orang Lain?
cara backup elementor
  • Silahkan anda Instal dan Aktifkan plugin tersebut
  • Selanjutnya pergi ke halaman seperti gambar berikut dan pilih Backup
backup wordpress manual
  • Untuk melakukan backup anda di menu backup selanjutnya pilih BUAT CADANGAN
backup database cpanel
  • Silahkan tunggu beberapa menit tergantung banyaknya data di website anda sampai suskses 100%
tunggu beberapa menit
  • Jika proses backup data website anda selesai silahkan anda klik Download anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut
proses backup data website anda selesai
  • Berikut ini adalah File Data Website WordPress anda
File Data Website WordPress

Selanjutnya setelah anda melakukan Ekspor data webste atau membackup datanya lalu berikut ini adalah langkah untuk melakukan Import data website yang telah anda download dan Ekspor.

Cara Impor data WordPress hasil dari Plugin All-in-One WP Migration

Jika anda sedang melakukan migrasi hosting dari hosting A ke Hosting B dan anda ingin melakukan import data website anda yang telah anda download di atas dan anda ingin meng upload datanya di website di hosting B berikut ini adalah langkah untuk melakukan Import data websitenya.

  • Setelah anda melakukan Instalasi WordPress di Hosting B anda di WordPress yang baru silahkan anda download lagi plugin All-in-One WP Migration
  • Selanjutnya pergi ke bagian yang terdapat seperti gambar berikut dan pilih Import > IMPORT FROM > pilih FILE cari file yang telah di Download diatas
  • Selanjutnya anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut dan anda pilih LANJUTKAN
cara backup wordpress tanpa cpanel
  • Silahkan anda tunggu beberapa saat poroses import data anda ke website wordpress anda yang baru
  • Selesai, jika proses import anda selesai dan berhasil anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut
backup wordpress manual

Nah mudah bukan, semoga artikel ini dapat membantu anda khsusunya bagi anda yang ingin melakukan perpindahan hosting website anda atau migrasi website anda.

Dan bagi anda yang bingung atau kurang paham dan takut kehilangan data website wordpress anda jangan khawatir, kami menyediakan jasa migrasi website wordpress anda dengan harga RP. 500.000 per website. dengan menggunakan jasa migrasi website wordpress anda di JWB Solution anda jangan khawatir data anda rusah dan hilang.

Untuk meminta jasa migrasi website wordpress anda silahkan anda hubungi kami dibawah ini dan kosnultasikan keluhan anda terkait migrasi hosting.

Butuh Website?

Silahkan hubungi kami untuk permintaan jasa pembuatan website murah hanya di JWB Solution dengan menekan tombol di bawah ini untuk terhubung dengan kami. Kembangkan bisnis anda sekarang juga bersama JWB Solution dengan membuat website yang profesional.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Untuk meminta layanan jasa pembuatan website silahkan hubungi kami dibawah ini!
WeCreativez WhatsApp Support
Web Developer
Erwin Widianto
Tersedia