Mengetahui Jenis Jenis Website dan Fungsinya

oleh | Okt 21, 2021 | Belajar Website | 0 Komentar

5/5 - (3 votes)

Jasawebbacklink.com – Apakah anda sudah pamiliar dengan kata website? perlu anda ketahui tidak hanya sekedar mengetahui website lho ternyata website itu mempunyai jenis kategori website itu sendiri, dan di artikel ini saya akan menjelaskan kepada anda apa saja jenis jenis website beserta dengan fungsinya yang harus anda ketahui. Berikut ini adalah penjelasannya.

Jenis Jenis Website

1. Blog

Pasti kamu sudah tidak asing dengan jenis website yang satu ini, kan? Sekarang saja kamu sedang membaca artikel di blog JWB Solution..

Jadi, blog adalah website yang umumnya digunakan untuk memposting konten. Baik dalam bentuk artikel, gambar, atau video.

Fungsi blog pun bermacam-macam. Mulai dari meluapkan tulisan-tulisan yang sifatnya personal, hingga mempromosikan konten untuk kepentingan bisnis.

2. Toko Online

Toko online (alias website e-commerce) adalah suatu jenis website yang memiliki fungsi sebagai toko virtual atau disebut toko digital. Jadi intinya, pengunjung akan bisa melihat berbagai macam produk atau layanan di dalamnya.

Apabila kamu sedang membangun bisnis, toko online bisa menjadi media yang tepat untuk mengembangkan bisnismu. Karena jika dikelola dengan tepat, kamu bisa meraih banyak pembeli baru di sana.

Salah satu contoh toko online yang bagus adalah toko online Eiger. Mereka mampu menyajikan nuansa toko online yang nyaman dan disertai dengan panduan belanja yang jelas.

eigeradventure.com
Eigeradventure.com

3. Website Bisnis

Apakah kamu sedang melakukan aktivitas atau kegiatan branding pada bisnis anda? jika iya Website bisnis ini lah solusinya yang cocok untuk meningkatkan branding bisnis anda..

Jenis website yang satu ini bertujuan untuk memperkenalkan bisnismu ke khalayak digital. Di dalamnya, kamu bisa menjelaskan sejarah bisnismu, produk-produknya, hingga nilai-nilai yang bisnismu pegang.

Contohnya, Envilife mempunyai website bisnis yang berisikan cerita tentang latar belakang brand mereka yang dilengkapi dengan berita-berita terbaru terkait bisnis mereka.

Envilife
Envilife.co.id

4. Website Pribadi

Jenis website ini umumnya digunakan oleh public figure, mulai dari selebritis hingga politikus. Karena fungsi utama website pribadi adalah untuk personal branding atau lebih digunakan sebagai portofolio digital personal.

Tapi, kamu tidak perlu menjadi public figure kok untuk membuatnya orang biasa aja bisa membuat website lho dan tidak ada aturannya siapa yang harus membuat website, semua orang bisa membuat website untuk dirinya sendiri.

Kamu hanya perlu mengisi websitenya dengan segala hal tentangmu. Contohnya seperti hobimu, pekerjaanmu, atau postingan-postingan yang terkait denganmu.

Contoh pengguna website pribadi adalah ErwinWidianto.com, adalah blogger biasa biasa bukan publik figur namun dia juga bisa membuat webiste untuk dirinya sendiri. Ia memanfaatkan websitenya untuk memberikan informasi tutorial digital marketing dan memberikan ilmu lewat tulisan yang dapat mendescripsikan dirinya sendiri.

Erwinwidianto.com
Erwinwidianto.com

5. Website Pemerintah

Website pemerintah berfungsi untuk menampilkan segala hal tentang suatu instansi pemerintahan. Contohnya seperti program, berita instansi, serta layanan digital yang disediakan di dalamnya.

Berbeda dengan jenis website yang lain, website pemerintah tidak bisa dibuat secara sembarangan. Domain yang digunakan pun berbeda, yaitu “.go.id”.

Salah satu contoh website pemerintah adalah website pemerintah Kabupaten Pamekasan. Di dalam website tersebut, kamu bisa menemukan profil wilayah, program instansi, dan juga berbagai berita khusus wilayah Kabupaten Pamekasan.

Website Pemerintahan
Website Pemerintahan

6. Website Majalah atau Portal Berita

Majalah dan berita punya tujuan yang sama, yaitu untuk menyampaikan informasi. Begitu pula dengan website majalah atau portal berita.

Baca Juga:  Persiapan untuk Membuat Website?

Jika kamu membuat website ini, kamu harus rutin memposting artikel di dalamnya.

Contohnya website Rakkyat Bicara News menyajikan berita-berita terkini terkait berbagai topik di sekitar. Rentang topik yang dibahas pun cukup luas, mulai dari berita politik hingga olahraga dan beritanya sesuai opini.

Website Kantor Berita Rakyat Bicara News
Website Kantor Berita Rakyat Bicara News

7. Website Non-profit

Sesuai dengan namanya, website non-profit adalah website yang dibuat untuk organisasi atau kegiatan yang bersifat nonprofit.

Biasanya, tujuan utama dari website non-profit adalah mendorong pengunjungnya untuk berdonasi atau mengajak mereka untuk bergabung dengan komunitasnya.

Salah satu contoh website non-profit yang bagus adalah website Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Tepat di halaman utama, kamu bisa langsung mengetahui nilai yang dibawa oleh yayasan ini. Ada juga tombol donasi yang memungkinkan pengunjungnya untuk langsung berdonasi.

Website Non-profit
Website Non-profit

8. Website Portfolio

Website portfolio adalah pilihan yang tepat jika kamu sedang ingin mempromosikan hasil karya atau pengalaman kerjamu.

Jenis website ini sangat berguna untuk mendapatkan peluang proyek atau bahkan pekerjaan baru. Karena, websitemu dapat dijadikan referensi untuk menunjukkan seberapa ahli dirimu dalam suatu bidang.

Contohnya seperti website portfolio Patrick David, seorang developer sekaligus UI/UX designer. Di dalam websitenya. Ia menampilkan karya-karya terbaiknya serta proyek-proyek yang pernah ia kerjakan.

Website Portfolio
Website Portfolio

Nah itulah jenis jenis website yang perlu anda ketahui dan memiliki fungsinya masing masing, selain anda mengetahui jenis website anda juga harus mengetahui apa pentingnya website atau fungsi website, dan berikut ini penjelasannya.

Fungsi Website

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan fungsi dari website, untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Sarana informasi

Pertama, fungsi website adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terbaru dan menarik untuk dibaca oleh customer atau pelanggan anda. Pada dasarnya, website juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, pembelajaran, tutorial, tips & trik, dan masih banyak lagi.

Contoh website sebagai sarana informasi adalah situs pencarian berita, website company profile, dan lainnya. Untuk jenis kontennya, dapat berupa video, teks, dan gambar.

2. Sebagai blog

Apakah anda pernah membaca atau membuka sebuah situs yang menampilkan halaman berisi artikel atau bahan bacaan? Jika pernah, maka itulah yang disebut dengan blog. Orang yang sering membuat blog disebut dengan blogger.

Jadi fungsi website yang kedua ini untuk membuat blog, sehingga tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan trafik pengunjung. Serta, mengoptimalkan blog yang telah terpublikasi. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan brand perusahaan agar mendatangkan customer lebih banyak lagi.

3. Sarana transaksi jual beli toko online / ecommerce

Dan fungsi terakhir sebagai media untuk menampung proses transaksi jual beli online atau sering disebut dengan e-commerce. Dengan menggunakan website ecommerce, mampu untuk mendatangkan lebih banyak konsumen untuk membeli produk barang atau jasa melalui website yang telah disediakan.

Jadi pada dasarnya, e-commerce disini hanya sebatas perantara saja. Contoh dari website yang menerapkan fungsi ini adalah Tokopedia, Bukalapak, Amazon, Shopee, dan website yang lainnya.

Butuh Website?

Silahkan hubungi kami untuk permintaan jasa pembuatan website murah hanya di JWB Solution dengan menekan tombol di bawah ini untuk terhubung dengan kami. Kembangkan bisnis anda sekarang juga bersama JWB Solution dengan membuat website yang profesional.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan